Powered By Blogger

Minggu, 27 Mei 2012

Facebook Dan Tali Silaturahmi


Ketika seseorang menyebutkan kata Facebook atau FB, mungkin sudah tak ada lagi orang yang aneh mendengarnya. Di Indonesia tak hanya para remaja yang memiliki akun di facebook, para orang-orang tua, pengusaha dan lain sebagainya juga turut meramaikan jejaring sosial yang satu ini. Penggunaan serta fasilitas yang mudah digunakan juga menjadi salah satu penyebab mengapa facebook banyak digandrungi oleh berbagai orang dari berbagai kalangan. Mulai dari lapisan masyarakat menengah ke atas, sampai masyarakat menengah kebawah.

Sebagai tempat berkumpulnya para jaringan, seperti halnya sebuah koin, facebook juga memiliki dua sisi yang berbeda. Bisa dibilang, sisi positif dan sisi negatif yang saling mengisi kekurangan serta kelebihan dari facebook itu sendiri.

 Sisi positif
Facebook menjadikan Anda lebih percaya diri dalam bergaul dengan orang-orang meskipun dalam dunia maya. Bila dalam diri Anda melekat sifat pemalu, di facebook sifat tersebut dapat tertutupi karena Anda akan berinteraksi dengan jaringan atau teman-teman Anda melalui kata dalam layar monitor. Selain sebagai tempat berinteraksi dengan jaringan, Anda dapat menggunakan facebook sebagai sarana reuni atau mencari kawan lama Anda. Teman sekolah, kuliah bahkan mungkin teman kenalan Anda di dunia nyata maupun maya. Menyenangkan bukan? Facebook juga kerap digunakan oleh para pemilik akunnya untuk bercerita atau menuangkan apa yang saat itu mereka rasakan dengan cara menulis status yang bisa dikomentari oleh teman-teman Anda dan status ini dapat diubah setiap waktu. Tak hanya itu, chatting dengan teman-teman yang sedang online juga menjadi salah satu alternatif komunikasi yang bisa Anda nikmati ketika Anda merasa bosan lama menunggu komentar status dari teman-teman Anda.

Sisi negatif
Tak hanya bernilai positif, facebook juga mendapatkan penilaian negatif dari sebagian orang. Mengapa demikian? Karena tak ada mesin penyaring kata, pengguna facebook sering kali menggunakan kata-kata senonoh, kasar atau kurang sopan untuk menjadikan status facebook atau mengomentari status teman yang lain. Selain itu, tak sedikit pula orang yang membuat album foto facebook dan mengisinya dengan foto-foto yang mengandung unsur pornografi.

Terlepas dari kedua sisi tersebut, facebook kerap kali menjadi tempat pertemuannya kisah kasih asmara antar dua manusia. Tak jarang orang-orang berkenalan melalui facebook kemudian entah karena berbagai macam alasan menjadikan keduanya saling jatuh hati dan menjalin tali silaturahmi yang lebih erat lagi. Selain sebagai pengikat tali silaturahmi, Anda juga dianjurkan untuk berhati-hati ketika menggunakan jejaring sosial ini. Salah-salah tali silatuhmi yang telah Anda ikat erat justru terancam renggang atau lebih parahnya ‘putus’ hanya karena facebook. Bagaimana bisa? Banyak dijumpai, pasangan yang tengah berpacaran, bertunangan atau yang sudah menikah sekalipun asyik berkomunikasi dengan teman-teman facebook, hal ini tak menutup kemungkinan untuk mengenal orang-orang baru dengan karakter baru atau orang lama namun dengan tampilan baru dari segala penjuru untuk berkenalan dan saling mengenal lebih dalam satu sama lain. Terkadang karena kurang bisa mengendalikan diri, orang tak segan bermesraan dengan cara menulis di dinding lawan jenis atau memberi komentar-komentar dengan kalimat manis. Atau lebih parah lagi mengganti status yang tengah menikah, atau berpacaran menjadi status lajang. Hal ini tentunya dapat mengakibatkan orang-orang yang sedang menjalin hubungan menjadi cemburu dan keliru menilai segala sesuatu kemudian memilih untuk memutuskan hubungan yang telah lama terjalin. Bukankah hal ini menjadi memprihatinkan? Untuk itu Anda yang memiliki akun facebook diharapkan jauh lebih hati-hati menggunakan situs jaringan ini. Jangan sampai hal yang tidak Anda inginkan menjadi kenyataan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Singing Hatsune Miku